10:44 PM

Panduan Kawan Anak Alam 2010 - 2011




perlu untuk dijadikan panduan dalam semua kegiatan anak alam, dan hal-hal sahaja yang juga tak boleh luput dari pikiran:

  1. Kita bukan turis. kita pekerja sosial. jika ingin datang ke belandingan atau ke semua tempat kegiatan ANAK ALAM bahwa anda datang untuk bekerja sosial. jika ingin berwisata ada tempat dan waktunya. jika ingin pemotretan ada baiknya anda sewa model cakep dan lalukan di studio kan lebih seru? datang untuk memberi. bawa pulang hanya senyum dan kenangan. tinggalkan hanya mimpi-mimpi kita dan jejak-jejak kaki saja.

  2. Selalu gunakan ID CARD anak alam dalam semua kegiatan yang kalam lakukan. itu adalah identitas pekerja sosial kalian. itu adalah bendera yang kalian harus kibarkan. di dalamnya merah putih terajut kuat. itu tanda kebanggaan kalian atas diri kalian sendiri. indonesia.

  3. Perlu dari awal diketahui, bagi yang ingin melakukan pemotretan di kegiatan anak alam dilarang menggunakan foto-foto tersebut untuk kepentingan KOMERSIL (kecuali untuk kepentingan fund raising). anak-anak itu bukan model gratisan. untuk mereka kita ada. mereka adalah fotografer masa depan kita. dan juga Anak Alam berhak menggunakan foto-foto yang kalian ambil untuk kepentingan publikasi anak alam. bukan deal yang berat bukan?

  4. Anak alam didanai mandiri, walau ada kemungkinan kelak akan mendapatkan funding dari luar. jadi passion, dedikasi, dan konsistensi adalah ujian yang kita semua harus lewati bersama-sama. sebuah organisasi besar yang kuat dihuni oleh anak-anak muda yang tlah melewati ujian itu. bukan masalah kuantitas. tapi kualitas.

  5. Semua kegiatan Anak Alam harus bersahaja. tak usah glamour. kerjakan kegiatan yang memang pantas, penting dan layak untuk dikerjakan. kreatifitas adalah nafas dari semua kegiatan kita. ala muda. ala kita. bebas tapi bertanggungjawab. sederhana. di seputar kita. banyak hal. apa saja. tak ekslusif. anak alam tak bekerja latah. hidup bukan balapan antara diri kita dengan orang lain. tapi balapan antara diri kita dengan diri kita sendiri. antara kita dengan MIMPI-MIMPI kita. that's it!

  6. Anak alam adalah organisasi kepemudaan. 'youth social humanitarian organization'. berkaryalah ketika kalian masih muda, karena setelah kesenangan usia remaja dan beban usia tua bumi akan memeluk kita. jangan menunggu nanti. kerjakan ia sekarang. ini generasi kita. ini waktunya kita.

  7. Kalian semua secara individu bertanggungjawab terhadap diri kalian, keselamatan, kesehatan dan semua hal pribadi kalian. jadi penting untuk mempersiapkan diri dalam semua kegiatan, semisal jaket, sepatu, fit, dan tentu bawa uang :)

  8. Fokus kegiatan kita adalah pengembangan karakter pemuda/i, pendidikan non formal untuk anak-anak dan cinta lingkungan dan semua project-project yang berhubungan dengan tiga hal utama tersebut diatas. Anak Alam terbebas dari kepentingan bisnis (non-profit organization), politik (non-political organization) dan agama (non-religious organization). kita adalah organisasi kemanusiaan. kemanusian jelas definisinya. universal. sederhana.

  9. Anak alam adalah sumbangsih kecil untuk negri secantik indonesia. ia adalah sekolah 'alam' tempat para muda ditempa. kelak kita berharap bisa mencetak pemimpin-pemimpin muda bersahaja untuk negri ini. pemimpin yang memiliki inteligensia, spiritualitas sederhana, berdedikasi dan juga membumi. mereka adalah kalian.



selamat bekerja.
selamat berkarya untuk indonesia.
salam anak alam,

july 17, 2010

pande
komunitas anak alam
jagalah bumimu, cintai anak-anakmu
www.anakalam.org

0 comments:

Post a Comment