6:29 AM

Cinta Alam Anak Alam Dukung Pemerintah Daerah Gianyar.


Alam indah manusia indah!


Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Gianyar (dan dengan senang hati ANAK ALAM ikut mendukung dan berpartisipasi) akan mengadakan penanaman pohon Bambu Tabah bersama Bapak Bupati Gianyar, Cokorda Artha Ardana Sukawati, pada:

Waktu : Jumat, 18 Juni 2010, pukul 08.00 Wita
(kumpul di ubud, bagi yang ingin berangkat langsung silahkan)
Acara pembukaan: jam 9 pagi

Tempat : Desa Kerta, Kecamatan Payangan

contact : Hp. gustra 081916556582

INI ADALAH SEKALIGUS SEBAGAI UNDANGAN TERBUKA! (sepertti biasa kerja sosial milik siapapun! ayoo...... )

Sekilas tentang Bambu Tabah

http://www.bambooandtikis.com/files/uploads/1/image/bamboo-forest.jpg

Bambu pada awalnya merupakan tumbuhan liar, tidak dibudidayakan, banyak ditemukan di hutan, dilereng gunung dan sungai yang juga berfungsi sebagai konservasi tanah. Tumbuhan ini tersebar di daerah tropis, sub tropis dan di daerah beriklim dingin, mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 4000 m diatas permukaan laut serta dapat berkembang baik di daerah beriklim lembab dan panas ( Widjaja,2001).

Bambu saat ini sudah banyak ditanam dan tersebar di seluruh dunia terutama di berbagai negara Asia termasuk Indonesia, dan merupakan salah satu hasil hutan non kayu yang sudah sangat akrab dengan kehidupan masyarakat, karena fungsinya yang multiguna, mulai dari pemenuhan akan bahan perumahan, sandang dan juga pangan, serta dapat menjaga keseimbangan lingkungan hidup alam, disamping lingkungan hidup keanekaragaman hayati (Anonymous, 1998).

Di Indonesia rebung yang biasa di konsumsi adalah jenis Betung (Dendrocalamus asper), bambu Legi (Gigantochloa atter) tumbuh di Jawa dan bambu ‘Tabah’ (Giganthochloa nigrociliata) yang banyak ditemukan di daerah Tabanan Bali dan beberapa tumbuh di Sukabumi, Jawa Barat.

Selama ini informasi mengenai rebung bambu di dunia termasuk rebung bambu ‘Tabah’ secara detail masih sangat sedikit dipublikasikan. Beberapa penelitian tentang bambu sampai saat ini lebih ditujukan untuk keperluan kebutuhan industri, seperti bahan bangunan, kertas, serat untuk sandang dan kerajinan.

Klik : Bambu Tabah olih Ibu Diah Kencana, MS


salam anak alam. ;)


Pande & Gustra / Koordinator Program Cinta Alam Anak Alam

0 comments:

Post a Comment