10:12 PM

leadership on a DIFFERENT level




"Kami memang tidak menerbangkan manusia ke bulan. Juga tak menemukan vaksin penyakit mematikan. Tapi setidaknya kami berbuat sesuatu yang kami bisa sumbangkan untuk negri."
Komunitas Anak Alam


dear Kawan Anak Alam,


Dan kini ia telah menjelajah negeri bahkan benua. anak pikiran kita: ANAK ALAM. Ia adalah 'sekolah para pemimpin masa depan' pemimpin yang tangguh, ulet namun juga memiliki empati yang membumi. mencinta bumi.

Komunitas Anak Alam aku dirikan dengan bekal bahan bakar yang cukup. Aku tentu salah satu bahan bakar itu. dan apa yang telah aku tambahkan ke tangki itu?

Menjadi muda dan menyelesaikan studi di Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada dan University of Victoria British Columbia Canada telah menjadi dasar fondasi berpikir logika untuk cetak biru ANAK ALAM. Bahwasanya kita bekerja tentu dengan 'passion' itu tak diragukan lagi, tentu juga didasari oleh logika berpikir kuat dan matang. Semua itu tentu aku dapat dengan penuh pengorbanan, dan kini ia yang 'mahal' itu kalian bisa dapatkan gratis di ANAK ALAM. ini sebuah komitmen. ini sebuah dedikasi pribadi.

Tentu sebagai seorang seniman sastra dan rupa hal ini telah memberikan nafas kreatifitas dan keleluasaan untuk menjadi berbeda, ala kita, yang telah menjelma menjadi kegiatan-kegiatan ANAK ALAM yang mengejutkan banyak orang. 1 Buku untuk 1000 Mimpi. 1 Camera for 1000 Smiles australia. BANGUN, BUKA MATA, LIHAT DUNIA (TM), GREEN CAMP ANAK ALAM, RUMAH BACA ANAK ALAM, BEASISWA DAN PROGRAM ORANG TUA ASUH ANAK ALAM, CERITA SURAT UNTUK INDONESIA, BERBAGI DAN MENGINSPIRASI, I am not a plastic island (TM), KONSER AMAL ANAK ALAM, BUKU ANAK ALAM, dan masih banyak kegiatan yang lain. Ini hasil dari sebuah imaji dan kreatifitas yang didasari oleh logika yang kuat. Dan kalian berada di kapal yang kuat dengan pelayar-pelayar kuat. Dan tentu imajinasi dan pemikiran kalian adalah bahan bakar berharga berikutnya. bahan bakar yang jumlahnya tak terkira jika kita bersama. (bukankah INDONESIA akan tersenyum olehnya?)

Tentu sebagai seorang pecinta kesahajaan hidup, aku mencintai nilai spiriatualias hidup yang sederhana. Aku orang yang terlalu mencintai keserhanaan, walau hidup dan besar di dunia yang spohisticated ini. Ini telah menjadi warna lain dalam ANAK ALAM. Bahwasanya bekerja sosial tak butuh atribut dan tetek bengek list keanggotaan yang njelimet.

Siapapun kita yang memiliki 'cinta', ia adalah Kawan Anak Alam. siapapun ia yang 'muda' tak hanya foya-foya dan berani memberi tanpa menerima, berani 'bekerja' tanpa digaji untuknya, berani memberi tanpa berharap pahala, ia Kawan Anak Alam.

Waktu telah membawaku ke beberapa ragam ranah hidup manusia. Terakhir kali bekerja untuk 14.000 kk atas nama UNITED NATIONS WORLD FOOD PROGRAMME (Badan Pangan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa) adalah sebuah pengalaman tak ternilai harganya. bukan selalu uang, emas, berlian yang bernilai. Pengalaman juga. Tentu ia juga adalah harta. kan?

tentu itu juga yang aku berikan untuk ANAK ALAM. Ada code of conduct training, sexual harassment training, dan UN system yang kalian bisa unduh darinya, gratis tanpa biaya. iya! :)

Dua tahun lalu entah karena keberuntungan atau karena memang kita yang membuat keberuntungan itu ada, aku menjadi youth representatif dalam 14th ASEAN Youth Day meeting dan Youth Award di Vientiane Laos. Waktu itu aku berdiri di atas panggung, di depan forum ASEAN Youth atas nama kawan-kawan muda kita di Indonesia dan menceritakan apa yang kita lakukan di negeri yang kita cintai ini: Indonesia, tentu juga menceritakan tentang sampah kain yang kawanku pungut dan ia jadikan barang berharga yang membawa temanku itu memenangkan Young Entrepreneur Kementrian Pemuda dan Olahraga waktu itu.

Itu bahan bakar yang ada di tangki itu. Gunakan ia untuk menyalakan lentera kalian.

Ini masalah mendasar kepemimpinan. Kepemimpinan adalah sesuatu yang besar oleh ujian, waktu dan tentu oleh komitmen dan oleh konsistensi. Ia tak terjadi dalam hitungan hari.

Aku telah dan akan terus ada di depan saat-saat badai, membuka bajuku, melawannya hingga kita bisa belajar banyak darinya. Belajar sesuatu yang belum pernah kita dengar dan tahu. dan tentu aku akan senang kelak duduk manis sambil meminum segelas kopi hangat melihat kalian bermain di taman kecil tempat bebunga mimpi kita tlah bertumbuh, berbunga, berbuah. Ada kalian serta yang juga tlah bertumbuh bersama mimpi kalian.

Dan SEJARAH kini ada ditangan kita. akan kita apakan ia? aku ingin kalian semua menjadi pencetak-pencetak sejarah itu! bukan selalu menjadi penyaksinya. Aku ingin kalian semua menjadi pemain bolanya, bukan selalu komentator atau penontonnya. Kita yang akan menanam benih-benih bunga itu dengan tangan kita sendiri. Takut kotor karena tanah? lupakan.

Dan ketika kelak bebunga yang kalian tanam itu juga sudah bertumbuh, waktunya kalian yang minum kopi, sambil baca novel di bawah sebuah pohon. Ada cerita tentang jejak-jejak sejarah kalian sendiri di taman. ada pohon jambu rindang.

Sebuah pohon yang bahkan tak pernah memakan buahnya sendiri, semua ia berikan untuk orang lain bahkan yang tak pernah berucap terimakasih untuknya. dan saban malam ia tersenyum karena telah memberi hadiah.

tongkat itu kini di tangan kalian.
CETAKLAH SEJARAH-SEJARAH BARU untuk indonesia yang sangat kita cintai ini.



salam anak indonesia
salam anak alam


pande
dps-bali
17/5/2010

Lebih dekat dengan Pande Putu Setiawan dan ANAK ALAM, sebuah komunitas anak-anak muda berani dan berkomitmen untuk mengorbankan waktu, tenaga, peluh dan dirinya untuk masa depan anak-anak tak mampu khususnya dalam hal pendidikan? Malam ini Tommy & Riri Show pkl: 22:00 - 24:00 di Hard Rock Radio Bali 87,8 FM. stay tune! don't be missed!

University of Victoria British Columbia Canada
University of Victoria British Columbia Canada
Vientiane Laos. 14th ASEAN youth meeting adn youth award.
United Nations World Food Programme. ah, what a huge love here..
United Nations World Food Programme. ah, what a huge love here..
Indonesia International Work Camp
Indonesia International Work Camp
Thank You! See u again!

1 comments:

anggaramahendra said...

Thank God, bahan bakarnya sekarang semakin bertambah... :)

Let's share ur spirit to others... Let's do the work hard and work smart... :)

Post a Comment