8:02 AM

Kartupos dari Surga: 'Kak, aku ingin sekolah!'


Ni Kadek Samiasih

(tulisan ini disalin dari tulisan tangan Ni Kadek Samiasih dan Ni Komang Trisna Wangi)

Nama saya Kadek Samiasih. Ini adalah cerita tentang saya dan keluarga saya. Nama ayah saya I Wayan Rampih, umur 40th. Nama Ibu saya Ni Made Kartini umur 38th. Saya anak kedua dari enam bersaudara yaitu: (1) Ni Luh Supadmi. 16 tahun. (2) Ni Kadek Samiasih. 13 tahun. (3) Ni Komang Trisna Wangi. 10 tahun. (4) Wayan Widyan Tari. 6 tahun. (5) I made Dana. 3 tahun. dan yang terakhir (6) I Nyoman Artawan. 3 bulan

Waktu itu saya bertemu dengan kakak-kakak dari Anak Alam saat acara bulan Agustus dan sempat saya bertemu dengan kak Rika. Kak Rika bertanya apakah saya bersekolah, dan saya bilang saya tidak bersekolah. “Kenapa kamu tidak bersekolah?”, saya bilang saya tidak bersekolah, karena orang tua saya tidak mampu.

Pekerjaan saya adalah petani. Pekerjaan saya: menyabit, menggendong adik, bekerja di desa lain, namanya di desa songan, dan saya digajih tiga puluh lima ribu.

Keinginan saya, saya ingin bersekolah di SMP 4 Kintamani, saya ingin menuntut ilmu sampai setingi-tinginya dan mudah-mudahan cita-cita saya itu bisa saya capai, dan cita-cita saya yang sangat saya inginkan adalah menjadi dokter.

Pekerjaan orang tua saya, ibu saya pagi membersihkan rumah lalu memasak di dapur, lalu pergi ke ladang menyabit, dll. Bapak saya menyangkul, menyabit, bekerja sebagai buruh tani. Kakak saya bersekolah di Songan, tapi ada orang yang mengajak di Songan dialah yang memberikan biaya sekolahnya.

Pekerjaan saya adalah menyabit dan membantu orang tua dan pekerjaan lainnya. Pekerjaan adik saya adalah bersekolah, menyabit dan membantu orang tua. Pekerjaan lainnya adik saya pekerjaannya adalah menggendong adik. Adik saya yang kelima adalah bermain-main. Adik saya yang ke enam adalah tidak ngapain. Dia Cuma digendong. Karena dia masih kecil.

Ni Komang Trisna Wangi

Nama saya Ni Komang Trisna Wangi. Saya bersekolah di SDN Belandingan. Dari kelas 1 sampai kelas 4 saya dapat rangking I dua kali yaitu kelas I & II, kelas 3 saya dapat rangking III. Pelajaran yang saya suka adalah pelajaran bahasa Indonesia.

Pada hari pagi ini kak Putu datang ke sekolah pada malamnya kak putu menginap di rumah saya saya diberikan hadiah boneka pada waktu itu saya senang sekali.

Setelah saya masuk di desa belandingan cita-cita saya lanjut ke smp negeri 4 kintamani yaitu di songan setelah lulus smp negeri 4 kintamani cita-cita saya suster.

Penuturan Ibu Ni Made Kartini tentang anaknya yang nomer 5: I made Dana.

Ibu Ni Made Kartini & I Made Dana

Dia kesakitan (sering sakit) sejak kecil. Kata dokter paru-paru basah. Belakangan hidnungnya sering keluar darah. Sudah diobati ke bangle 3 kali, ke klungkung 2 kali. Semalam ia panas tapi sudah saya belikan obat.

(saat ia bercerita ini hidung made sedang mengeluarkan darah)




cinta,
Pande
malam ini

bencana terbesar bukanlah bencana tersebut. tapi kita yang berdiam diri melihat bencana tersebut terjadi di seputar kita. Hal terburuk adalah TAK BERBUAT APA-APA. Tak ada hal kecil yang sia-sia.

0 comments:

Post a Comment