6:29 AM

Negeri di Atas Awan

"perjalanan terspektakuler dalam hidupku.
kan kukabarkan pada dunia."

-sms charnie ke hp-ku, 15/2/2010

Pagi itu aku diajak bli pande mengunjungi sebuah desa yang berada di balik bukit, Alengkong. Jelas aku sangat tertarik dengan ajakan itu... tapi katanya “ jalan ke desa ini jauh lebih sulit loh daripada ke blandingan”.. pikir ku “ah,tidak ada salahnya mencoba!!!”

Kami berangkat dari basecamp anak alam bersama pak guru yang mengajar di desa itu, waktu kira-kira jam 9 pagi… kami memulai perjalanan dengan sepeda motor melewati rute yang sama untuk desa blandingan, tanjakan di rute ini sudah tidak begitu menyeramkan lagi bagiku karena aku sudah dua kali melewatinya. Sampai ke tanjakan menuju desa alengkong, aku mulai merasa sedikit takut… hmmm ternyata tanjakan ini bisa kami lewati dengan mudah jalannya masih terbuat dari aspal. Kami terus melanjutkan perjuangan tanjakan demi tanjakan kami lewati, jalan menurun yang terjalpun kami lewati sesekali aku harus turun dari motor karena motor jalannya licin,terjal dan yang pasti motornya sudah tidak kuat menanggung beban… hahahaha!!!

Setelah setengah jam perjalanan kami sampai diatas bukit… kami berhenti sejenak untuk mengambil gambar… rasanya kami hampir menyentuh awan... Kueeerrreeennn bangeeetsss!!! Dalam hati aku berkata “ Makasih Tuhan aku bisa menikmati alam yang indah ini”. Setelah mengambil gambar,kami melanjutkan perjalanan pikir ku “paling ntar lagi nyampe”… ternyata pikiran ku salah kami melewati kebun, perumahan orang-orang desa, jalan yang banyak pohon cemara (soundtrack: naik-naik kepuncak gunung), jalan-jalan menurun yang terjal dan berbatu. Perjalanan yang benar-benar menghabiskan energi ku. Huft…kapan sampenya nih? kaki ku mulai gemetar...jujur aku mulai capek maklumlah jarang olah raga… tapi perjuangan belum berakhir. Maju terus pantang mundur!! Jalan-jalan menurun belum berakhir.. tidak terasa sudah satu jam perjalanan kami.

Hmm…akhirnya kami sampai di banjar alengkong. Kata bli pande “wah kita sudah dekat dengan sekolah nih…dikit lagi kok!!” aku senang dan tidak sabar pengen ketemu sama anak-anak disana. Tapi jalan menuju sekolah masih menurun dan terjal, lagi-lagi aku harus turun dari motor dan berjalan sampai ke sekolah kira-kira 10 menit… wow,sunguh amat sangat bahagia, bangga, terharu karena akhirnya aku dan bli pande sampai ke SDN 2,sekolah yang hanya memiliki satu kelas untuk kelas 1 sampai kelas 4 (4 tingkat belajar dalam satu kelas, bisa dibayangkan sendiri). Di sekolah aku dan bli pande disambut hangat, adik-adik berebutan untuk bersalaman!! Aku merasakan ketulusan dan semangat saat bersalaman dengan mereka.. setelah bersalaman kita semua masuk ke kelas untuk berkenalan, bermain games, bernyanyi dan membagikan sumbangan. Mereka terlihat sangat bahagia!!

Aku terharu melihatnya… apalagi ketika aku diberi kesempatan untuk menyampaikan “sepatah dua kata” dan memberikan kenang-kenangan buat pak guru, air mata ku tidak bisa ditahan lagi… aku salut, aku bersyukur bisa kenal dengan pak guru!!! Banyak hal yang aku belajar darinya!!! Salah satunya semangatnya untuk pendidikan anak di desa alengkong yang letaknya di balik bukit.. bayangkan saja setiap hari ia harus berangkat mengajar ke alengkong bahkan saat hujan pun tidak membuat niatnya berhenti… benar-benar Pahlawan Tanpa Tanda Jasa… I love you full pak guru.

Setelah aku menyampaikan sepatah dua kata sampai terpatah-patah…heheehehe.. kami meminta adik-adik untuk membuat cerita tentang kehidupan mereka… Kami memberi waktu untuk menulis… selama merka menulis cerita, aku, bli pande dan pak guru duduk berbagi cerita di halaman sekolah sambil minum teh dan menikmati segarnya alam yang mulai diselimuti kabut… Setelah hampir 15 menit, kami kembali ke kelas untuk mengumpulkan tugas yang kami berikan tadi… yang aku lihat dari tulisan mereka… mereka bahagia walaupun tidak bermain seperti anak-anak di kota, mereka bebas,mereka punya semangat, mereka punya cita-cita yang besar. Ya.. mereka punya cita-cita tapi seringkali cita-cita itu tidak bisa dilanjutkan karena mereka tidak punya biaya.. jangankan mau kuliah untuk menjadi seorang dokter, untuk melanjutkan sekolah ke SMP pun mereka tidak mampu… hmmm… Komunitas anak alam akan berpikir keras untuk hal itu…

tidak terasa kami sudah satu jam lebih berada di alengkong… kami harus kembali ke basecamp . sebelum pulang kami foto bersama dengan anak-anak dan pak guru.. sebenarnya aku masih ingin lebih lama lagi bisa bersama-sama dengan mereka tapi kami harus pulang karena masih banyak yang harus dikerjakan.

Hmmm teman kami harus berjuang lagi untuk pulang, kalau waktu datang kami bertemu banyak jalan menurun yang terjal kali ini sebaliknya… dan aku harus turun berjalan kaki karena jalan tanjakan dan banyak bebatuan sehingga motor tidak mampu berjalan… teman aku benar-benar tidak kuat, aku dehidrasi… mau tidak mau aku harus tetap berjalan kaki... sesekali aku naek ke motor jika jalannya tidak begitu sulit. Begitu terus sampai ke jalan aspal yang kuceritakan di awal. Wuah…akhirnya perjalanan bisa sedikit lebih santai, sampai ke basecamp!!

Hmmm.. Perjalanan melelahkan yang membahagiakan ku dan pastinya mereka yang kukunjungi…

I feel enjoying the day with smile, spirit and happy moment with the children, best teacher and my patner pande putu setiawan