7:51 AM

Kau Tak Kan Pernah Berjalan Sendiri!



Memo untuk para Koordinator Distrik, Project Leader dan Kawan Anak Alam



Pemimpin yang baik selalu mencetak pemimpin-pemimpin
yang jauh lebih hebat dari dirinya.

pande



Komunitas Anak Alam adalah sebuah organisasi sosial anak-anak muda -atau yang berhati muda- , non-profit (nirlaba dan terbebas dari kepentingan komersial), non-religious (terbebas dari kepentingan agama), dan non-political (terbebas dari kepentingan politik). Kami suka hidup damai, seperti ini sahaja, di bumi yang tetap indah ini, tanpa atribut.

Ini juga adalah sebuah ideal intelektual. Kami meyakini bahwasanya pada akhirnya ilmu pengetahuan bukanlah alat untuk memenuhi hasrat pribadi tapi alat untuk kemajuan sosial. Semakin tinggi pendidikan kita, sudah sepantasnya kita semakin bertanggung jawab -menjadi agen perubahan- bagi banyak orang-orang yang tak memiliki kesempatan di luar sana. Bukannya malah sebaliknya semakin menjauh, memberi jarak semakin lebar dengan mereka. Dan lebih buruk menjadi apatis dan tak peduli.

‘Jembatan’ ini kita gunakan untuk mempertemukan banyak orang. Antara kalian yang barangkali hidup lebih beruntung, dengan orang-orang lain, anak-anak kita di luar sana yang tak seberuntung kita, yang tak pernah ‘melihat’ dunia, tak pernah makan fast food, tak pernah jalan-jalan ke mall, apalagi baca komik atau koran? Ada yang memberi, ada yang menerima.

Kami bangga, sejauh ini kami telah bertemu [menemukan] kawan-kawan muda terbaik bangsa yang BERANI, berkomitmen, berdedikasi, dan telah memberikan sumbangsih, peluh, waktu, tenaga, material, dan cintanya dalam kerja, kegiatan dan project Komunitas Anak Alam selama ini. Kalian yang telah menjadi tulang punggung ’jembatan’ itu.

Menjadi bagian dari kehidupan anak-anak alam Belandingan selama ini telah menjadi salah satu hal terindah bagi kita, bukan? (Mudah-mudahan ia juga akan menjadi bagian indah hidup kalian) Menjadi bagian dari alam yang menawan dan sahaja, tertawa, menangis, geregetan, berlari, bermain, bernyanyi, melompat dan berteriak dalam hujan telah memberi kita cara pandang baru untuk melihat dunia. Kau tak kan melihat dunia dengan cara sama, dan tentu kau tak kan pernah berjalan sendiri!

Dan ketika kini Komunitas Anak Alam telah melewati setahun lebih kiprahnya dan ia bertumbuh dan bahkan telah merentangkan sayap, terbanglah bersamanya. Ia adalah pupuk, ia ada untuk membuat pucuk-pucuk muda seperti kalian bertumbuh. Ia adalah minyak, ia ada untuk menyalakan lentera jiwa kalian. Bertumbuhlah! Pantiklah apimu!

Komunitas Anak Alam adalah muda dan sederhana. Itu kata kuncinya. Itu nafas kita. Memberikan sumbangsih karya kepada negri dengan cara sederhana saja, dengan gaya ‘muda’ ala kita. Bahwa bekerja sosial bukanlah hal yang ekslusif dan ribet dengan tetek bengek list keanggotaan yang jelimet. Tentu kalian masih ingat lagu anthem kita, 'Muda Beda Berbahaya' –SID. Juga 'Lentera Jiwa' -nugie. Jadi kerjakan dan berikan apa saja yang kalian punya. tentu dengan cinta. Semudah itu.

Selamat datang Ayu Kartika Kiud (19 th) Koordinator Komunitas Anak Alam Distrik Tabanan Bali, I.B. Putra Wira Adnyana (22) Koordinator Komunitas Anak Alam Distrik Gianyar Bali, dan juga Putu Veni Venikagitayani (21 th) Koordinator Komunitas Anak Alam Distrik Singaraja Bali beserta Made 'jenong' Widhiarta (23 th) dan Septi Ana (21 th) Kawan Anak Alam distrik Singaraja yang menemani Veni bekerja.

Selamat berkarya untuk Indonesia. Selamat berkarya untuk Bali. Selamat berkarya untuk Tabanan, Gianyar dan Singaraja. Bahwa kita harus menjadi warga negara terbaik untuk Indonesia dimanapun kita berada, itu pasti. Menjadi anak muda yang tak hanya foya-foya, mari memberi sesuatu -walau sahaja- untuk indah negeri ini!



Salam Anak Indonesia,
Salam Anak Alam,

Cinta,
Pande
Ubud
11 Mei 2010

Indonesia bangga kepada kalian.

Web: http://www.anakalam.org
Blog: http://komunitasanakalam.blogspot.com

2 comments:

Mr Lonely said...

nice blog.. have a view of my blog when free.. http://www.lonelyreload.blogspot.com .. do leave me some comment / guide if can.. if interested can follow my blog...

anggaramahendra said...

wah koordinator yang hebat... ramah dan unik.. hahah... nice to met them all... dan siap membantu program-programnya... oiya untuk konser anak alam, aq ada beberapa temen band indie yang bisa diajak main gratisan demi amal... :)

http://anggaramahendra.blogspot.com/

Post a Comment