7:12 AM

kerala: 'terkadang butuh air untuk menyalakan api!'


'terkadang butuh air untuk menyalakan api!'


Kerala, adalah sebuah wilayah distrik (setingkat propinsi) yang terletak di selatan India dan adalah salah satu destinasi wisata paling populer di India saat ini.

Lebih sering diidentikkan dengan 'God’s Own Country' (a.k.a. : Tanah Dewata) Kerala dinobatkan sebagai satu dari 50 destinasi sepanjang hayat oleh National Geographic Traveller dan satu dari 13 'surga dunia'. Kerala juga adalah salah satu destinasi yang memiliki kekayaan hayati terlengkap di dunia dan dimasukkan ke dalam salah satu dari 'The world's twenty-five biodiversity hotspots."

Sampai awal tahun 1980-an, kerala hanyalah sebuah wilayah di bagian selatan India yang relatif tidak dikenal dibandingkan dengan wilayah bagian Utara India yang lebih banyak dikunjungi wisatawan. Kerala hanyalah wilayah miskin di India dengan ruas-ruas sungai yang sepi dan 'sepertinya' tak menarik sama sekali.

Kerala Tourism Development Corporation sebuah badan pengelola pariwisata yang ditugaskan khusus untuk mengelola pariwisata Kerala kemudian melakukan promosi wisata yang lebih agresif, dan membuatkan rencana strategis sebagai fondasi awal untuk pengembangan industri pariwisata Kerala.

Dan kini setelah beberapa dekade berikutnya, hasilnya mereka mampu mangangkat Kerala menjadi salah satu tujuan wisata yang diminati di dunia.

Branding Kerala "God's Own Country" telah digunakan secara simultan dan luas sebagai tema promosi sentral Kerala dan akhirnya kini bersinonim dengan kata Kerala. Karya seni klasik, upacara-upacara penuh warna, kebudayaan dan kulinari unik, dan warisan Ayurveda -teknik kesehatan zaman purba- kini menjadikan Kerala salah satu dari jajaran destinasi wisata yang banyak dilirik.

Pada tahun 2006 saja, Kerala mampu mendatangkan 8.5 juta wisatawan asing per tahun, meningkat lebih dari 23 % membuat Kerala menjadi destinasi wisata yang mengalami pertumbuhan paling cepat di dunia. Dan tahun yang sama pantas saja Kerala mendapatkan predikat Superbrand India.


print-ad kerala tourism

print-ad kerala tourism

print-ad kerala tourism

print-ad kerala tourism


ribuan mil dari kerala,

Tersebutlah sebuah 'pulau wisata terbaik di dunia' versi Travel & Leisure Magazine yang bernama Bali.

Terakhir kali, tahun 2007 pemerintah provinsi Bali meluncurkan branding Shanti Shanti Shanti yang 'katanya' telah melibatkan 900 orang yang dianggap penting untuk memberikan suaranya sehingga terciptalah konsep branding Bali yang paling baik menurut mereka.

Dalam pembukaan Pesta Kesenian Bali kala itu yang juga dihadiri Presiden SBY, secara resmi Bali meluncurkan branding baru itu, menggantikan semua julukan yang berasosiasi dengan bali sebelumnya, hingga bahkan 'Pulau Dewata' a.k.a.: The Island's of the Gods yang legendaris itu.



dan kini, mari kita kembali ke kehidupan sehari-hari, rutinitas kita sebagai masyarakat yang menghuni pulau ini. Hidup di pulau 'dewata' ini, dengan segala atribut yang membuat julukan itu melekat kepadanya. kembali berjalan lagi menelusuri jalan, gang dan lorong kota denpasar dan tempat-tempat wisata: legian, kuta, seminyak, tanjung, nusa dua, bukit dan tebing-tebingnya. kembali bermain air di pantai berpasir putih, mengejar ombak yang tak henti menjabat tanganku dan mengajakku bermain.

sementara semua orang itu sibuk (entah apa) memasarkan pulau ini dengan segala cara (atau malah ala kadarnya???) dan mentari senja segera ditelan horizon ufuk barat.

Setelah sempat kecolongan dengan 'The New Bali' oleh Sri Lanka sebelumnya, kali ini Bali kembali hanya bisa menjadi penonton yang baik buat Kerala 'God's Own Country'-nya. Seperti kita tahu sendiri, Bali sebenarnya telah memakai julukan legendaris 'Pualu Dewata'-nya a.k.a. 'Island's of The Gods' sejak lama namun pemerintah provinsi Bali tak pernah awas akan hal ini.

dan kini, apakah Bali dengan shanti shanti shanti -nya telah berhasil membahasakan denyut nafas dan aura alam bali lebih baik, elegan dan cerdas kepada wisatawan dunia, dalam persaingan industri pariwisata dunia hari ini? (Indonesia tak jauh beda.. :) )

mmmmm... maaf jika kita harus tertinggal di belakang oleh sebuah distrik kumuh di india,
sebuah 'TANAH DEWATA' : kerala.


: maaf Bali.
kau harus bekerja lebih keras!
jangan terlalu lama mabuk darat!



........


copyrighted:
pande
bali
pagi ini


a good company is always lead by a brilliant and visionary leader,
not only it's abundance resources (and corruption).

0 comments:

Post a Comment